SEO

6 Tips Untuk Meningkatkan Optimisasi SEO dan Traffic

Posted on

Banyak blogger yang menganggap bahwa SEO itu sulit dan peringkat ranking #1 di halaman pencarian Google sangat sulit untuk dicapai.

loading...

Tetapi sebenarnya, Google itu pada dasarnya suka Blog (karena blog update secara berkala, dan memperkaya konten Google). Google ingin Anda mendapatkan peringkat yang baik. Karena dengan cara ini Google mendapatkan lebih banyak penghasilan dari iklan.

Namun, Google menyukai konten yang bagus, mudah dimengerti, dan tentu saja relevant. Sehingga pengguna mereka terus menggunakan Google sebagai mesin pencari.

Itu lah kenapa Anda perlu melakukan “cukup” usaha untuk SEO blog Anda, dan membuat Google percaya kepada blog Anda. Sebelum mereka mengirim traffic yang besar.

Harap dicatat, posting ini akan mengajak Anda melakukan beberapa usaha. Dan usaha-usaha tersebut akan mempermudah Anda dalam proses kerja Anda. Setelah Anda melakukan ini, silakan cek peringkat Anda naik atau kan turun.

Tapi sebagai langkah awal, Anda akan butuh tips-tips SEO untuk membantu keinginan Anda berada di halaman pertama Google.

1. Memulai SEO dengan Langkah yang Benar

Saya tahu Anda mungkin sudah sering mendengar, ketika membangun blog, Anda juga harus mulai melakukan SEO, dan memasang kode tracking Google Analytics.

Tetapi itu memang benar. Saya setuju sekali. Sebagai tambahan saya ingin Anda memahami proses SEO, siapkan alat-alat SEO untuk memudahkan kerja Anda.

Selain itu Anda akan membutuhkan desain theme yang rapi, penggunaan huruf (jenis dan besar hurufnya) yang mudah dibaca dan menggunakan theme yang mempunyai coding yang baik.

a. Pahami Proses SEO

Sekali lagi ini bukanlah proses yang sulit. Anda hanya perlu tahu mengapa Anda melakukannya, bagaimana cara kerja mesin pencari, dan bagaimana Anda mendapatkan peringkat yang bagus.

b. Gunakan Alat-Alat SEO untuk Memudahkan

Ada banyak alat-alat SEO di internet, seperti plugin, software untuk mengecek link profile dll. Tetapi Anda perlu menggunakan alat yang bagus, dan tidak menyesatkan. Berdasarkan pengalaman saya, saya telah merangkumnya di posting ini.

c. Tetapkan Tujuan

Pastikan, pastikan Anda telah mempunyai tujuan atau goal ketika memulai sebuah proyek. Dalam hal ini Anda bisa menetapkan tujuan berdasarkan peringkat di kata kunci yang Anda bidik.

Secara pribadi, saya sering menetapkan tujuan halaman blog saya cepat terindex dan muncul di halaman pertama Google. Kadang-kadang itu tercapai, dan kadang-kadang tidak, tergantung pada persaingan yang ada.

2. Riset Kata Kunci

Setelah Anda mempunyai goal, sekarang saatnya Anda berpikir tentang kata kunci yang ingin Anda bidik.

Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan Google Keywords Research Tool, dan tuliskan beberapa kata kunci di sana. Selengkapnya, Anda bisa membaca panduan SEO bagi pemula.

Mengetahui kata kunci yang dibidik juga penting untuk mengarang Judul posting yang menarik. Itu penting, agar posting Anda juga enak dibaca.

3. Tingkatkan On Page SEO

Berikut beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika menulis konten blog Anda.

Pertama, Anda harus memeastikan bahwa Anda menulis untuk pengunjung blog Anda, bukan untuk mesin pencari, karena Anda akan berinteraksi dengan pengunjung! Mereka lah audiens Anda. Mereka lah calon customer Anda.

Kedua, gunakan kata kunci yang Anda dapatkan pada saat melakukan riset kata kunci. Ketika Anda sudah tahu kata kunci yang Anda bidik, pikiran Anda secara otomatis akan menaruh kata kunci tersebut di struktur kalimat yang tepat.

Jika Anda baru dalam SEO, saya merekomendasikan Anda memilih domain yang cocok dengan kata kunci Anda.

4. Selalu Cek Kembali Sebelum Posting

Sama seperti yang saya sebutkan di atas, untuk memastikan Anda telah megoptimasi On Page SEO dengan baik, Anda perlu melakukan analisa ulang. Gunakan fasilitas preview. Kemudian baca konten tersebut.

Kemudian pastikan keywords density-nya tidak lebih dari 4%, memiliki link internal dan eksternal dengan anchor text yang dibidik, Kata kunci di H2, H3 Tag, meta title, dan meta description.

5. Off Page SEO

Sekarang saatnya beralih ke off page SEO. Target kita pada langkah ini adalah mendapatkan link authority.

Anda bisa membangun otoritas tersebut dengan meminta teman Anda untuk menge-link ke blog Anda. Saya piker, saat ini hampir setiap anak muda (mungkin juga dewasa) punya blog. Juga manfaatkan social media seperti Google+, Twitter, dan Facebook. Karena Google menegaskan social media mempengaruhi SEO saat ini.

6. Analisa Hasil dan Ulangi

Setelah Anda melewati semua langkah-langkah di atas, sekarang saatnya mengukur pencapaian yang diperoleh. Sehingga Anda bisa tahu dimana Anda harus membenahi dan fokus optimasinya.

Ada 2 cara untuk mengevaluasinya. Yaitu berdasarkan;

a. Traffic yang diperoleh

b. Rangking SEO

Anda bisa mengeceknya melalui Google Analytics. Juga pastikan Anda mempunyai Google Webmaster Tools untuk mengetahui lebih banyak tentang kesehatan blog dan pengunjung Anda.

Apa selanjutnya..?

Selanjutnya, Anda perlu segera take action.

Pelajari panduan SEO untuk pemula jika Anda bingung di tengah jalan. Gunakan form untuk berkomentar di bawah ini, untuk bertanya kepada saya.

 

Gravatar Image
Syaiful Bahri, Seorang part time blogger dan Konsultan Website Traffic. Dia baru saja menyelesaikan materi kursus gratis Google Analytics Ninja. Anda bisa mendaftar di blognya.