foto hdr app

Cara Edit Foto yang Benar dengan Menggunakan Photoshop

Posted on

Banyak sekali tool-tool yang bermanfaat pada aplikasi photoshop yang memudahkan kita dalam mendesain dan membuat sebuah karya baik fotografi, web desain, ux, ui dan sebagainya. Namun jangan lupa untuk selalu mengikuti kaidah-kaidah berikut ini saat melakuan manipulasi foto atau desain sehingga hasil yang kita buat lebih maksimal dan tentu tepat sasaran sesuai bentuk yang kita buatkan.

loading...

Membuat dokumen baru pada photoshop

Dalam membuat dokumen baru pada photoshop, perhatikan tujuan hasil akhir yang kita butuhkan. Jika desain yang anda garap hanya akan ditampilkan pada layar monitor, perhatikan saat membuat dokumen baru dengan memilih pixel pada ukuran tinggi dan lebar desain yang akan kita buat. Karena satuan pada monitor kita adalah dengan ukuran px atau pixels. Perhatikan juga bagian resolution, cukup isikan 72 pada bagian resolution jika desain hanya akan ditampilkan pada layar monitor seperti web desain dan ui atau ux desain.

perhatikan saat membuat file baru pada photoshop

Nah jika kamu ingin memanipulasi foto, biasakan membuat resolution sebesar 300 karena hasil desain biasa akan dicetak dan dengan resolution 300 hasil cetakan akan lebih bagus dari pada 72 karena kerapatan pixel semakin tinggi. Untuk ukuran tidak perlu 3 meter x 5 meter untuk membuat spanduk, cukup dengan skala centimeters hasil cetakan sudah cukup bagus, kecuali kamu mempunyai komputer dengan memori dan prosessor yang cukup tinggi yang masih bisa cepat untuk mengedit file yang cukup besar :)

Biasakan bekerja pada view 100%

View 100% adalah detail hasil akhir yang akan kita peroleh. View 100% sangat penting bagi kamu yang bekerja dengan file yang kecil apalagi yang hanya dengan ukuran file 32×32 pixel untuk mendesain icon.

Cukup dengan menekan Ctrl + 1 untuk melihat hasil view 100% atau dengan memanfaatkan pallete navigator photoshop. Beberapa desain seperti saat mendesain website terkadang tidak tampak beberapa garis yang ada pada hasil desain jika dilihat dari ukuran yang kuran dari 100%. Ukuran monitor kerja kita yang kecil atau file yang besar terkadang menyulitkan kita dalam melakukan desain.

Pallete navigator yang memudahkan saat desain foto

RGB Atau CMYK

RGB adalah Red Green Blue yang merupakan tiga warna utama pembentuk monitor kita, hasil warna-warna lain adalah campuran dari ketiga warna diatas yaitu merah, hijau dan biru. Berbeda dengan hasil cetakan, cetakan seperti pada printer epson menggunakan warna biru cyan, merah magenta, kuning yellow dan hitam black untuk memperoleh hasil cetakan. Sehingga sudah pasti hasil desain pada layar monitor akan menghasilkan output yang berbeda dengan hasil cetakan. Tips ini sangat perlu diperhatikan terutama bagi fotografer yang menggunakan photoshop.

Pilih warna RGB pada photoshop

Namun perbedaan ini tidak cukup signifikan, kita bisa juga melihat hasilnya langsung dengan memilih menu View > Proof Setup dan memilih mode apa yang ingin ditampilkan. Perhatikan untuk memilih mode CMYK terlebih dahulu sebelum melakukan percetakan untuk melihat bagaimana pengaruh perbedaan warna pada hasil cetakan dibanding dengan layar monitor. Biasa saya menekan Ctrl + Y sebagai cara cepat untuk melihat hasil baik pada saat mengedit foto atau hasil cetakan.

Semoga beberapa tips diatas bermanfaat dan jika kamu punya tips lain, silahkan komentar dibawah ini .

Gravatar Image
Panggil saya Jaka, saya suka wanita dan desain. Saya orang yang mudah untuk diajak berinteraksi, temukan juga saya diwebsite pribadi Jaka zulham.