Cara Mengatur Warna Dan Tonal Dengan Photoshop

Posted on

Melanjutkan postingan sebelumnya pembahasan koreksi warna dan tonal, pada postingan ini kita belajar bagaimana cara untuk mengaplikasikan pengaturan warna dan tonal dengan program desain photoshop.

loading...

Resource

Berikut ini adalah file gambar yang bisa anda download untuk mengikuti tutorial yang sama dengan postingan saya.

Untuk mengingatkan Anda, berikut saya ulas lagi rangkuman lengkap mengenai tonal dan warna.

Tonal

Tonal merupakan karakter dari suatu gambar yang berhubungan dengan tingkat pencahayaan, gelap terang dan tingkat kontras pada sebuah gambar.

Gambar yang kekurangan cahaya tentu kurang menarik untuk dilihat oleh mata, namun jika kelebihan cahaya gambar maupun foto akan nampak kurang bagus.

Foto yang kekurangan cahaya akan terlihat gelap, sedangkan objek yang terkena langsung dengan sumber cahaya akan terlihat terang. Gelap terang dalam sebuah gambar tersebut disebut brightness dalam dunia desain grafis.

Sedangkan jarak tingkat kesamaan dari titik terang ke titik gelap disebut contrast. Brightness dan contrast merupakan bagian dari tonal sehingga dalam pengeditan yang berhubungan dengan brightness dan contrass disebut dengan tonal.

Warna

Ketika Anda memfoto sebuah taman seperti taman bunga, coba bandingkan hasilnya dengan objek aslinya, apakah warnanya sama? Jika tidak , berarti warna tersebut mengalami distorsi.

Untuk memperbaiki warna tersebut diperlukan sebuah alat koreksi. Dalam dunia desain grafis terdapat beberapa alat koreksi, salah satu contoh adalah Adobe Photoshop.

Adobe Photoshop memiliki alat koreksi yang sangat bagus dan lengkap untuk memperbaiki warna yang pudar, pucat, gelap dan kesalahan lain yang berhubungan dengan warna.

Mengoreksi warna dan tonal dengan menggunakan photoshop

Pada dasarnya, ada 2 cara bagaimana mengatur warna dan tonal pada Photoshop. Kedua cara tersebut tentu punya kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Untuk cara pertama, kita melakukan pengeditan warna dan tonal langsung pada objek gambar. Dan tentu setiap bit gambar akan berubah jika Anda melakukan cara ini, namun untuk menjaga foto asli Anda bisa menduplicate gambar tersebut sehingga jika ada kesalahan bisa mengembalikannya kegambar yang asli.

Namun perhatikan, dengan menduplicate gambar maka ukuran gambar jika disimpan ke dalam format .psd ukuran file bisa 2 kali lebih besar.

Buka terlebih dahulu foto Anda yang ingin diedit.

Belalang

Pilih Image > Adjustment > Brightness/Contrast. Fasilitas ini berguna mengatur tingkat pencahayaan (brightness) dan kontras (contrast). Tarik dan ukur bagian brightness dan contrast untuk mendapatkan warna gambar yang paling bagus yang bisa dihasilkan. Berikut contoh gambar sebelum dan sesudah proses pengeditan.

Belalang

Brightness

Pilih Image > Adjustment > Levels. Fasilitas ini tersedia untuk mengatur brightness, contrast, dan interval (posisi higlight, midtones, shadows).

Belalang

levels

Pilih Image > Adjustment > Curves. Curves juga berfungsi hampir sama dengan levels, yaitu untuk mengatur brightness dan contrast pada highligt, midtones dan shadows. Bedanya pada curves di gambarkan dengan kurva.

Belalang

Curves

Selanjutnya adalah bagian Image > Adjustment > exposure. Alat koreksi warna ini dirancang untuk membuat penyesuaian pada gambar HDR (Format file untu kprogram Radiance), namun bekerja dengan gambar 8-bit dan 16-bit. Exposure bekerja dengan cara mengkalkulasikan dalam ruang warna linier bukan pada ruang warna gambar saat itu. Bingung? segera praktikkan dan lihat effeknya pada gambar Anda. :)

Belalang

Exposure pada Photoshop

Lanjut dengan mengambil bagian Image > Adjustment > Vibrance. Jika saya tidak salah, vibrance ini terdapat pada photoshop CS3 keatas, jadi bagi Anda yang masih menggunakan photoshop jaman dinosaurus Anda bisa membelinya yang baru sekarang. :)

Belalang

Vibrance pada Photoshop

Image > Adjustment > Hue/Saturation. Fasilitas ini berguna untuk mengatur Hue Saturation dan Lightness dari warna-warna utama spektrum. Biasanya digunakan untuk mengubah foto hitam putih menjadi warna atau sebaliknya juga.

Belalang

Hue/Saturation pada Photoshop

Image > Adjustment > Color Balance, fasilitas ini biasa digunakan untuk meningkatkan suatu warna atau beberapa warna dengan cara menggeser slider yang telah disediakan.

Belalang

Color Balance pada Photoshop

Image > Adjustment > Black & White, seperti namanya fasilitas ini berguna untuk membuat gambar menjadi hitam putih dan dapat mengatur kedalaman warnanya berdasarkan warna tertentu.

Belalang

Black & White pada Photoshop

Image > Adjustment > Photo Filter, fasilitas ini menggunakan teknik meniru pengambilan filter yang diwarnai dalam lensa kamera bagian depan utnuk menyesuaikan keseimbangan warna dan temperatur warna yang memancar melalui lensa dan membuka film tersebut. Berikut contoh yang saya gunakan.

Belalang

Photo filter pada Photoshop

Image > Adjustment > Channel Mixer, Disini anda bisa dengan bebas mengatur masing-masing channel warna. Anda dapat pula membuat keseimbangan sepia berkualitas tinggi atau gambar lain yagn diwarnai.

Belalang

Channel Mixer pada Photoshop

Image > Adjustment > Invert, fasilitas ini berguna untuk membalikkan warna

Invert

Image > Adjustment > Posterize

Posterize

Image > Adjustment > Threshold

Threshold

Image > Adjustment > Gradient map

Gradient map

Image > Adjustment > Selective Color

Selective Color

Image > Adjustment > Shadows/Highlights

Shadows/Highlights

Image > Adjustment > HDR Toning

HDR Toning

Image > Adjustment > Variations

Variations

Variations

Image > Adjustment > Desaturate

Desaturate

Image > Adjustment > Match Color

Match Color

Image > Adjustment > Replace Color

Replace Color

Replace Color

Image > Adjustment > Equalize

Equalize

Demikian kesemua tool yang bisa kita gunakan untuk mengatur warna dan tonal. Semua Adjustment ini haruslah Anda kuasai dalam pengeditan gambar, khususnya jika anda seorang fotografer dalam mengedit hasil jepretan Anda.

Untuk blogger, tutorial ini juga diperlukan dalam mengedit gambar sebelum dimasukkan kedalam postingan, biasakan diri anda mengedit gambar sebaik mungkin sebelum menyajikannya kepada pembaca.

Demikian tutorial pengeditan warna dan tonal dengan photoshop, berikutnya saya akan membuat tutorial serupa dengan cara lain namun tidak merusak gambar utama. Subscribe blog ini agar Anda dapat membaca setiap artikel langsung dari email Anda.

Incoming search terms:

mentahan picsaybackground warna warni pastelefek aquamarine lightroom androidcara bikin garis putih di picsartmengatur arah cahaya di photoshop
Gravatar Image
Panggil saya Jaka, saya suka wanita dan desain. Saya orang yang mudah untuk diajak berinteraksi, temukan juga saya diwebsite pribadi Jaka zulham.