Membuat Efek Lipatan Kertas Pada Foto Dengan Photoshop

Posted on

Photoshop merupakan aplikasi yang saya gunakan untuk mengedit foto dan setiap efek yang saya buatkan selalu menggunakan tool-tool maupun filter yang tentunya sangat membantu saya dalam mengolah gambar. Seperti halnya efek-efek seperti membuat efek radial blur pada tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana membuat efek lipatan foto.

loading...

Ngomong-ngomong belakangan saya sedang giat-giatnya membuat tutorial melihat konversi yang menyenangkan pada halaman iklan khususnya periklanan sitti saya, jika peduli Anda bisa membantu saya untuk mengklik iklan yang menurut anda menarik. Aman dan gratis kok :mrgreen:

PREVIEW DESAIN

Kembali ke bagian tutorial, berikut ini adalah gambar hasil desain yang kita buat pada tutorial membuat efek lipatan kertas ini.

Sebelum desain

Desain sesudah

Detail tutorial

  • Tingkat kesulitan : Pemula/Menengah
  • Software yang digunakan : Adobe Photoshop
  • Materi yang dipelajari : Transform tool dan layer
  • Lama pembuatan : 20 Menit

Tutorial

Langkah 1 : Persiapan awal

Buka terlebih dahulu foto yang ingin kita beri efek lipatan kertas dimenu file>open.

Sebelum desain

Duplicate gambar pada layer pallete dengan menekan Ctrl + J pada keyboard. Pada layer background isikan dengan warna #e1e1e1

Duplicate gambar pada layer

Kembali pada layer paling atas bernama “Layer 1” beri border berwarna putih dengan cara Edit > Stroke dan isikan width dengan 5px atau lebih besar jika diperlukan.

Stroke

Langkah 2 : Membuat lipatan

Langkah selanjutnya kita akan membuat lipatan terlebih dahulu, Awali dengan memiringkan gambar. Pastikan pada Layer 1 lalu pilih edit > transform > rotate dan miringkan gambar seperti gambar berikut.

memiringkan gambar

Tekan Enter untuk mengakhiri, pilih kembali edit > transform > warp lalu tarik ujung-ujung warp untuk membuat efek lipatan. Disini saya membuatnya untuk bagian sudut kiri atas.

 membuat efek lipatan

Tekan enter untuk mengakhiri dan dengan hal yang serupa buat kembali efek lipatan pada bagian lain.

Hasil

buat kembali efek lipatan

Langkah 3 : Membuat bayangan

Efek lipatan telah selesai kita lakukan, namun tampak menoton jika tidak ada bayangan. Jika anda sepakat mari kita buat sebuah bayangan pada langkah selanjutnya :)

Buat layar baru dibawah Layer 1 untuk membuat bayangan bawah terlebih dahulu, pilih pentool pada toolbox lalu buat objek untuk bayangan seperti berikut.

membuat bayangan

Beri sedikit efek gaussian blur di filter > blur > gaussian blur. Lalu turunkan sedikit opacitynya

gaussian blur

Kembali dengan pen tool, trace kembali pada bagian bawah foto untuk membuat bayangan.

membuat bayangan.

Beri efek gaussian blur dan kurangi opacitynya.

efek gaussian blur

Buat kembali layer (masih dibawah “Layer 1”) untuk membuat bayangan, pilih brush tool pada toolbox. Kecilkan ukuran brush dan pastikan hardnessnya menjadi 0% lalu brush lembut pada bagian bawah.

Langkah 4 : Perjelas lipatan gambar

Pastikan layer paling atas dalam keadaan aktif, lalu pilih pen tool pada toolbox dan buat bagian putih pada bagian lengkungan foto.

lengkungan foto

Lanjut dengan memberikan bayangan pada lengkungan putih yang baru saja kita buat. Buat sebuah layer baru dan pilih layer > create clippping mask. Terlihat bahwa layer baru akan lebih menjorok kekanan. Lalu dengan brush lembut, brush bagian samping pada lengkungan gambar untuk membuat bayangan hitam.

memberikan bayangan

Lakukan hal yang sama pada lengkungan bagian bawah.

memberikan bayangan

Langkah 5 : Bayangan dalam foto

Selanjutnya adalah kembali membuat bayangan hitam yang ada pada foto, buat layer baru diatas “Layer 1”. Buat menjadi clipping mask dengan cara klik Layer > Create clipping mask. Lalu brush dengan lembut pada bagian foto dibawah kedua lengkungan.

membuat bayangan hitam

Langkah 6 : Memperbaiki background

Ikuti langkah berikut ini untuk membuat background gradasi sederhana. Buat layer baru diatas layer “Background”. Reset warna foreground dan background dengan menekan “D” pada keyboard sehingga warna menjadi hitam dan putih.

Pilih Gradient tool pada toolbox photoshop dan setting gradient seperti yang nampak pada gambar dan buat gradient dengan cara klik dari tengah dan tarik tanpa melepas mouse kebagian pinggir.

Memperbaiki background

Turunkan juga opacity gradient yang baru kita buat hingga tersisa 38%. Dan berikut hasil yang telah kita desain pada tutorial ini.

Desain sesudah

Buat juga dengan ide dan gaya anda sendiri.

Hasil desain

Hasil desain

Tentu hasilnya akan lebih bagus jika anda buat dengan hati-hati dan memperhatikan kaidah datangnya cahaya pada sebuah objek pada tutorial ini. Share artikel ini jika anda rasa bermanfaat :)

Download hasil desain

Untuk melihat hasil desain asli dalam bentuk .psd yang saya buat, anda bisa mendownload di tombol berikut ini.

Gravatar Image
Panggil saya Jaka, saya suka desain. Saya orang yang mudah untuk diajak berinteraksi, temukan juga saya diwebsite pribadi Jakazulham.