Menjaga Kesehatan Bunda Saat Masa Kehamilan

Posted on

Menjaga kesehatan ibu saat masa kehamilan sangat penting dilakukan, badan terasa lemah, lesu juga kurang semangat sangat sering dialami oleh ibu hamil. Memang sang bunda yang sedang hamil seringkali mengalami gejala yang mirip dengan seseorang yang sedang sakit. Perlu diingat, janin yang sedang tumbuh dalam rahim sang bunda memerlukan berbagai hal yang dapat membuatnya harus tumbuh sehat, berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan sang bunda saat masa kehamilan.

loading...

Olahraga Sederhana Dan Teratur.

hamil

Hamil bukanlah alasan untuk bersantai dan bermalas-malasan, saat hamil, olahraga juga sangat dibutuhkan oleh sang bunda untuk kesehatan bunda dan anak yang terkandung tersebut.

Olahraga ringan dan rutin seperti berjalan kaki selama 20 menit setiap hari perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh bunda dan perkembangan sang bayi. Mengikuti kelas yoga atau senam hamil juga disarankan seminggu sekali, Bahkan ada senam khusus yang mudah anda pelajari, melalui buku-buku kehamilan atau CD. Membiasakan bergerak sejak hamil, terutama di pendekatan terakhir masa kehamilan untuk agar membantu proses persalinan yang lebih mudah sehingga bunda sehat kita/bayi selamat.

Diambil dari sehatdong.com, berikut ini beberapa olahraga sehat yang dapat dilakukan bunda hamil

Menjaga kesehatan bunda saat masa kehamilan

1. Berjalan kaki

Lakukan perjalanan dengan santai dan tidak terburu-buru selama 20 menit, Jika sempat jalan-jalan keluar sambil menghirup udara segar lebih bagus dilakukan.

2. Senam

Anda bisa melakukan olahrga yang satu ini di kelas-kelas khusus ibu hamil. Kelas seperti ini memiliki instruktur senam yang akan membantu setiap gerakan senam Anda. Hindari untuk melakukan gerakan seperti melompat dan berputar dengan cepat.

3.Hypnobirthing

hypnobirthing merupakan cara relaksasi dengan memberikan usapan yang bertujuan mempermudah persalinan. Selain itu, program ini pun memasukkan pikiran positif kepada ibu dengan membayangkan hal-hal yang menyenangkan.

4. Renang

Olahraga ini dapat menguatkan otot, melatih paru-paru dan jantung bunda hamil, Sebaiknya, Anda memilih gaya bebas dan gaya dada. Hindari melakukan gaya punggung atau gaya kupu-kupu karena terlalu berat. Hal lain yang perlu diingat adalah lakukan gerakan dengan tenang dan santai, jangan terburu-buru.

5. Yoga

Olahraga yang satu ini biasanya menjadi favorit para wanita hamil. Pada intinya, olahraga yang satu ini melatih otot-otot tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang. Selain itu, gerakan yoga pun dipercaya dapat memperlancar proses persalinan, meningkatkan kepercayaan diri, serta mampu mempengaruhi keseimbangan mental dan emosional.

Istirahat Cukup

Menjaga kesehatan bunda saat masa kehamilan

Bekerja saat hamil memang tidak dilarang bahkan dianjurkan agar tetap aktif terutama di masa muda kehamilan, namun disela-sela jadwal kerja luangkan waktu bunda untuk beristirahat. Pejamkan mata 10-15 menit setiap lepas jam makan siang, rebahkan tubuh anda dan rasakan relaksasi dengan bernafas dan rasakan kesegaran tubuh anda kembali.

Saat malam tiba, usahakan tidur tepat waktu dan berkualitas antara 6 hingga 7 jam. Bunda hamil membutuhkan waktu istirahat lebih lama, karena saat istirahat itulah perkembangan janin terjadi. Berikut tips istirahat yang efektif diambil dari suarapembaruan.com

1. Tidur menghadap ke kiri dengan bantal diantara lutut, di bawah perut dan di tempat-tempat yang dibutuhkan.

2. Pergi tidur diwaktu yang sama setiap malam dan bangun tidur juga diwaktu yang sama setiap pagi.

3. Pergi tidur lebih cepat ketika merasa sangat lelah.

4. Tidur sebentar di siang hari jika tidak mendapatkan tidur yang cukup pada malam harinya.

5. Minum semua cairan pada pagi hari dan kurangi minum pada malam hari

Makanan sehat

Menjaga kesehatan bunda saat masa kehamilan

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa bunda hamil hanya memerlukan asupan makanan kurang lebih 2200 kalori perhari, kali ini bunda tidak hanya makan untuk dirinya, tetapi juga untuk si janin. Jangan makan terlalu banyak untuk alasan karena bayi “Menginginkannya”, makanan yang memiliki kandungan gizi misalnya jumlah vitamin, protein dan mineral diperlukan untuk membangun janin agar tetap seimbang dan tidak berlebihan. Jangan lupa juga untuk minum air putih agar terjaga dari dehidrasi dan mengatasi sembelit yang biasa diderita oleh bunda hamil.

Makanan sehat yang cocok untuk dikonsumsi harus diformulasikan untuk membentuk janin yang sehat dan sempurna, apa sajakah? Diantaranya adalah

1. Protein
2. Zat Besi
3. Kalsium
4. Iodium
5. Vitamin B
6. Asam folat
7. Omega 3
8. Asam lemak

Makanlah makanan sehat yang mengandung unsur diatas secara cukup dan tidak berlebihan. Hindari dan kurangi juga untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gula, lemak tinggi dan makanan dan minuman yang tidak dimasak matang atau tidak dipasturisasi.

Berikut ini pedoman sederhana diambil dari infoibuhamil.com menjaga makanan sehat untuk ibu hamil.

1. Makanan harus matang/dimasak

Bunda hamil disarankan untuk makan makanan yang matang, contohnya seperti telur. Jangan pernah mencoba untuk memakan telur setengah matang, karena dikhawatirkan mengandung bakteri salmonela yang bisa membahayakan janin, juga makanan mentah lain seperti lalapan, steak, sushi lebih baik dihindari.

Keju lembek, susu yang tidak disterilkan atau pasta juga perlu dihindari karena mengandung bakteri listeria yang dikhawatirkan dapat menyebabkan keguguran.

2. Minum susu hamil

Susu yang mengandung kalsium, asam folat dan vitamin lainnya sangat bagus untuk ibu hamil, pastikan anda memilih yang terbaik di pasaran.

3. Makan sayuran dan buah

Sayuran berdaun hijau, kentang, ubi, labu kuning, kacang-kacangan sangat bagus untuk perkembangan ibu hamil. Beberapa buah untuk ibu hamil yang baik adalah apel, jeruk, anggur, tomat baik anda konsumsi untuk tumbuh kembang sang buah hati.

Lingkungan sehat

Untuk bunda hamil, upayakan untuk jauh dari paparan langsung bahan kimia (bau cat tembok baru, bahan-bahan kimia yang mengandung merkuri, timah hitam, insektisida) dan benda-benda berbau tajam. Lingkungan sehat untuk bunda hamil adalah lingkungan dengan kualitas air, tempat pembuangan, ventilasi, dan pencahayaan yang baik. Pastikan bunda berada di lingkungan yang baik dan tidak membuat stress seperti di tempat bising, karena secara tidak langsung hal tersebut akan mempengaruhi kondisi janin bunda.

Bagi ibu hamil, kebersihan haruslah sangat diperhatikan, tidak hanya kebersihan tubuh dengan rutin mandi, mencuci rambut, dll. Perlu menjaga pula kebersihan makanan yang akan dimakan, kebersihan lingkungan termasuk udara, juga harus diperhatikan. Saat hamil, kita lebih banyak mengeluarkan keringat, dan sering buang air kecil, yang memungkinkan tubuh rentan terpapar kuman bahkan bakteri.

Pemeriksaan Rutin ke Dokter

Menjaga kesehatan bunda saat masa kehamilan

Selalu rajin untuk memeriksa janin dan sang bunda ke dokter, konsultasikan problem kehamilan anda. Dan tanyakan pula hal-hal yang harus dilakukan dan pantangan masa kehamilan bunda. Aktif bertanya pada dokter/bidan akan membuat Anda tahu lebih banyak saran kesehatan dari ahlinya.

Anda boleh berhubungan seksual, mungkin dokter tidak akan membicarakan hal ini jika anda tidak menanyakannya. Tenang saja, Anda dan suami bisa tetap berhubungan seksual. Tetapi bila kandungan Anda bermasalah, misalnya ada mium, Anda harus berkonsultasi pada dokter untuk keamanan dan kenyamanan hubungan seksual Anda.

Ironis memang, ketika hamil Anda rentan terhadap gangguan kesehatan, rasa sakit dan nyeri di bagian-bagian tubuh. Tetapi justru saat hamil Anda dianjurkan untuk tidak mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri (painkiller) seperti aspirin, ibuprofen, dan codeine. Bila Anda terserang flu, Anda lebih baik istirahat dan mengonsumsi makanan yang secara alami akan menguatkan daya tahan tubuh Anda seperti buah, sayur, susu, dan madu. Namun apabila Anda terpaksa minum obat, parasetamol adalah pilihan yang aman.

Perlu diingat bahwa kehamilan adalah kondisi badan yang sehat dan memang perlu perhatian khusus pada kesehatan bunda, segala hal yang biasa dilakukan sehari-hari boleh dilakukan wanita hamil, intinya, fikiran tetap rileks, nikmati kehamilan Anda dan beraktifitas dengan seimbang!

Perhatikan juga Video panduang kehamilan berikut untuk menjaga janin anda untul tumbuh berkembang lebih baik.

Artikel ini di daftarkan pada Ayo Dukung Bunda: Kesehatan Bunda Kesehatan Kita yang diposting esklusif oleh psdesain diambil dari berbagai sumber.

Semoga bermanfaat dan jaga kesehatan bunda, untuk kesehatan keturunan kita. :)

Incoming search terms:

gambar kepala mak cincaimentahan mak cincaicara membuat bayangan dalam piagamcara edit foto malam hari dengan lightroom atau vscobahan gambar bungah smudge
Gravatar Image
Panggil saya Jaka, saya suka wanita dan desain. Saya orang yang mudah untuk diajak berinteraksi, temukan juga saya diwebsite pribadi Jaka zulham.