wordpress-lovers

Is its parent directory writable by the server pada wordpress

Posted on

Berbeda halnya dengan aplikasi blog gratis seperti blogger dan wordpress.com, di web hosting sendiri hampir seluruh penginstalan aplikasi blog, pengamanan dari hacker, backup data, bahkan beberapa hal error kecil harus kita selesaikan sendiri seperti contoh tidak bisa upload foto atau file dengan warning Is its parent directory writable by the server seperti pada wordpress.

loading...

Unable to create directory
/home/username/public_html/http://domain.com/www/wp-content/uploads/2012/12. Is its parent directory writable by the server?

Teks diatas adalah warning yang biasa sering keluar saat mengupload foto, file maupun video pada saat postingan maupun di bagian media pada wordpress self hosting. Sehingga kita tidak bisa mengupload gambar ataupun file lain pada artikel/postingan.

Pesan error di atas mengandung arti bahwa jalur/path yang diberikan tidak benar, dimana server ingin menulis gambar atau server sendiri tidak mempunyai hak akses (istilahnya chmod atau permission) untuk meng-upload gambar kita.

Hal ini terjadi pada toko online tas saya (mautas.com) yang beberapa saat yang lalu pindah hosting karena ketidaknyamanan pada hosting sebelumnya, mengupload gambar menjadi lebih sulit dengan pesan error saat mengupload file pada wordpress.

Cara Menghilangkan pesan error pada wordpress

Salah satu langkah yang dapat dilakukan apabila menemui kasus tersebut diantaranya adalah pertama-tama kita lihat apakah anda telah memberikan jalur yang benar untuk meng-upload konten/gambar.

Selanjutnya login ke admin blog wordpress anda dan lakukan setting pada Settings > Media.

media

Selanjutnya pada bagian Store uploads in this folder kembalikan isinya ke default, biasanya ‘wp-content/uploads’.

Upload file in wordpress

Lalu cobalah untuk mengupload sebuah gambar ataupun file pada bagian media.

Jika masih bermasalah, yaitu gambar belum bisa di upload dan masih muncul seperti pesan error seperti diatas maka hal yang perlu anda lakukan adalah memberikan hak akses pada folder-folder wp-content. Untuk mengubah hak akses atau permission, login ke panel atau cpanel hosting anda dengan alamat domainanda.com/cpanel

Selanjutnya masuk ke bagian file manager untuk melihat folder-folder penyusun blog atau situs anda.

File manager cpanel

 

Masuk ke bagian wp-content blog anda, klik kanan pada folder uploads dan pilih Change permissions, isikan 755 pada bagian permissions. Ini akan mengizinkan anda untuk membuat/mengupload file.

permissions

Pastikan anda memasukkan nilai 755 sebagai nilai hak akses, perlu anda perhatikan untuk tidak memberikannya nilai 777. Nilai ini beresiko bahaya keamanan paling tinggi, walau pada kasus tertentu anda harus mengubahnya ke dalam nilai 777 kembalikan kembali perubahan menjadi 755 maupun 644.

Next cobalah untu mengupload gambar kembali pada wordpress self hosting anda, jika berhasil atau masih ada masalah silahkan berbagi pengalaman melalui komentar dibawah.

Gravatar Image
Panggil saya Jaka, saya suka wanita dan desain. Saya orang yang mudah untuk diajak berinteraksi, temukan juga saya diwebsite pribadi Jaka zulham.